8 Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan - Segelas minuman hangat berpadu dengan angetnya wedang jahe, memang merupakan pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman khas nusantara ini, yang begitu dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Bahkan, tak jarang juga minuman ini bisa dijadikan sebagai pereda batuk dan juga mual.

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Google

Tentunya manfaat yang didapatkan tersebut tak terlepas dari peranan jahe itu sendiri. Yang nama jahe itu mengandung senyawa kimia yang dipercaya mampu membuat kerja lambung dan usus menjadi lebih tenang dan positif. Hal inilah yang membuat lambung terasa nyaman dan dapat meredakan mual akibat peningkatan asam lambung. Nah, selain dapat menghangatkan tubuh dan meredakan mual, kamu juga mesti mengetahui manfaat lainnya dari wedang jahe anget sari ini. Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minuman hangat tersebut, jika rutin mengkonsumsinya.

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Pexels.com
Bukan hanya dapat menghangatkan suhu tubuh, ternyata kadar gingerol yang terkandung jahe tersebut mampu membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kadungan tersebut memiliki sifat antikoagulan, yaitu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

2. Sistem Pencernaanpun Menjadi Lebih Lancar

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Pexels.com
Seringkali perut terasa mulas, kembung, hingga sembelit. Tentunya gangguan-gangguan seperti itu membuat kamu terasa tidak nyaman, hingga aktivitaspun terganggu. Nah, tahukah kamu jika gangguan-gangguan tersebut terjadi biasanya dikarenakan sistem pencernaan kita kurang lancar dan akibat salah makan.

Dengan meminum wedang jahe hangat setiap hari, rasa nyeri, mulas, kemung, hingga sembelitpun akan dengan mudah teratasi. Karena jahe ini terkandung berbagai macam senyawa yang dapat membantu membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan kamu.

3. Meredakan Sakit Kepala dan Flu

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Google
Dimusim yang sering kali berubah-ubah ini, kadang bersahabat kadang harus hujan-hujanan, akan memungkinkan imun tubuh kita melemah hingga flu pun tak bisa kamu hindari lagi. Seringkali flu itu menyerang bersamaan dengan sakit kepala, seakan dua gangguan tersebut tak bisa dipisahkan. dan Kalau sudah begini, tentunya kamupun mesti merelakan waktumu untuk sekedar beristirahat dan memulihkan kondisi tubuhmu.

Baca juga : 7 Dampak Sering Minum Obat Sakit Kepala Paling Berbahaya

Saat seperti inilah, kamu sangat dinajurkan untuk mengkonsumsi wedang jahe yang mampu memberikan kehangatan pada tubuh. Juga kandungan pada jahe tersebut mampu membantu meredakan flu dan sakit kepala yang melanda kamu. Wedang jahe ini juga mampu membuat tubuh terasa lebih reliks dan nyaman.

4. Mengobati Demam

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Google
Sama halnya seperti flu, demam inipun bisa dibilang sebagai penyakit musiman. Memang biasanya jika badan sudah demam, akan disertai dengan sakit kepala, flu, hingga batuk. Sekaan gangguan speerti memiliki keterikatan satu sama lain. Tentunya hal ini dikarenakan sistem imunitas tubuh melemah, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang virus.

Biasanya kalu sudah begini, kamupun memilih untuk mengkonsumsi obat pereda demam. Nah, daripada mengkonsumsi obat, cobalah untuk mengkonsumsi wedang jahe yang diyakini sejak dulu mampu mengobati demam tersebut. rasanya yang menghangatkan tersebut dan menenangkan diyakini juga mampu meringankan beban sakit kepala yang seringkali muncul bersamaan dengan demam.

5. Meredakan Batuk

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Google
Bukan hanya demam dan flu saja yang bisa kamu atasi dengan wedang jahe. Bahkan batukpun bisa kamu redakan dengan minum rutin wedang jahe ini. Efek jahe yang bisa menghangatkan tubuh tersebut, juga mampu menghangatkan tenggorokan kamu hingga membuat tenggorokan semakin lega. Minumlah wedang jahe setiap hari secara rutin, biar gatal tenggorakan terasa lega dan batukpun mereda.

Baca juga : Ketahui Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

6. Membantu Mencegah Stres

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Pexels.com
Meminum segelas wedang jahe hangat, nyatanya mampu memberikan kehangatan pada tubuh dan juga menghangatkan pikiran. Membuat tubuh menjadi lebih reliks dan nyaman. Aroma yang keluar pada wedang jahe tersebut itulah yang mampu membantu menenangkan dirimu dan mencegah yang namanya stres.

Baca juga : 8 Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut ahli gizi, Alice Mackintosh yang mengatakan bahwa di dalam jahe tersebut terkandung antioksidan berupa gingerol yang mampu membantu dalam membersihkan zat kimia berbahaya yang terdapat dalam tubuh. Zat kimia berbahaya tersebut nantinya akan berkontribusi pada peningkatan stres. Makanya dari itu, mengkonsumsi wedang jahe ini untuk menenangkan pikiran merupakan hal yang tepat kho!

7. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Google.com
Nyeri ketika menstruasi itu merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Ada yang merasa nyeri sedikit saja, juga nyeri yang hampir membuat kamu tak terkendali. Apapun itu, yang jelas nyeri atau kram perut saat menstruasi itu membuat kamu merasa tidak nyaman. Nah, kali ini kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan minum ramuan wedang jahe yang diyakini mampu mambantu dalam meredakan nyeri ketika menstruasi.

Baca juga : 10 Cara Efektif Mengurangi Nyeri Menstruasi

Hal inipun juga diperjelas oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 diterbitkan di jurnal MBC Complementary and Alternative Medicine. Dalam penelitian tersebut dilakukan suatu perbandingan antara tingkat keefektifan dari minuman jahe dengan obat pereda nyeri. Dan ternyata hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi air jahe dalam tiga kali sehari ketika menstruasi, mengalami rasa nyeri dan kram yang kadarnya lebih rendah daripada wanita yang mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Untuk itu, minumlah ramuan jahe atau wedang jahe sejak awal menstruasi atau ketika nyeri tersebut dirasakan hingga menstruasi berakhir. Minumnya pun harus rutin dan konsisten dalam mengkonsumsinya.

8. Mengatasi Masuk Angin

8  Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan
Sumber : Pexels.com
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa wedang jahe ini mampu memberikan kehangatan pada tubuh. Nah, ketika masuk angin tersbeut tentunya tubuh kita akan terasa dingin, hingga perut terasa mulas. Dengan meminum wedang jahe angat sari ini tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih panas dan angin yang terdapat dalam tubuh tersebut akan lebih mudah untuk keluar.

Baca juga : Dibalik Nikmatnya Kerokan Saat Masuk Angin

Setelah kamu mengetahui manfaat dari wedang jahe tersebut, rasanya tidak lengkap jika kamu belum bisa membuatnya. Nah, inilah cara membuat wedang jahe, minuman penghangat tubuh tersebut.

Pertama siapkan bahan dulu, yaitu 2 rimpang jahe (cuci bersih, memarkan atau geprek), 2 gelas air, 7 cm kayu manis, Madu (secukupnya), 1 batang serai (memarkan). Setelah semua bahan sudah siap, barulah kamu rebus air hingga mendidih bersama dengan jahe, batang serai dan kayu manis sekitar 15 menit. Tunggulah hingga mendidih, kemudian saringlah. Kalau ingin tambah nikmat kamu bisa menambahkan madu secukupnya. Saatnya wedang jahe siap diminum dan memberikan kehangatan pada tubuhmu. 

Nah, itulah dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dari wedang jahe anget sari, minuman yang begitu lengendaris tersebut. bahkan untuk membuatnyapun sangatlah mudah, bahan yang mudah didapatkan dan tak perlu takut akan efek samping yang ditimbulkan. Pantas saja ya wedang jahe ini sampai sekarang tetap menjadi minuman yang digemari oleh orang-orang, selian akan sarat manfaat juga ikut membantu dalam melestarikan warisan kuliner nusantara ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Wedang Jahe Anget Sari Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....