4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa - Ketika menjalani ibadah puasa, tentunya kita menahan untuk tidak makan dan minum hingga waktu berbuka tiba. Nah, apa jadinya jika kita berpuasa tetapi juga harus menyusui? Bagi ibu yang sedang menyusui memang diperbolehkan untuk tidak berpuasa dulu kalau memang kondisi yang tidak memungkinkan. Karena sebagai ibu yang menyusui tentunya harus banyak mengkonsumsi makanan yang kaya gizi, agar ASI yang diberikan tetap lancar untuk bayinya.

Baca Juga : 8 Tips Agar Tetap Sehat dan Berenergi Selama Berpuasa

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa
Sumber : Google.com

Mungkin ketika berpuasa kamu berasumsi bahwa tubuh kamu akan kekurangan asupan makanan karena berpuasa juga memberikan ASI. Akan tetapi, puasa itu sebenarnya tidak membuat kamu kekurangan asupan makanan, hanya saja waktu makan kamu yang berubah. Jika kamu memanfaatkan waktu berbuka dan sahur utnuk mengonsumsi makanan yang cukup kalori dan nutrisi, maka nutrisi dalam tubuh kamu akan tercukupi dan produksi ASI tidak akan terganggu. Sehingga ASI akan tetap lancar dan kamu bisa menyusui bayimu. Dengan melakukan perencanaan yang baik, tentunya kamu sebagai ibu menyusui akan tetap bisa berpuasa dan memberikan ASI dengan lancar untuk bayinya.

Untuk itu, kamu harus pintar-pintar memilih makanan saat berbuka dan sahur. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat saat berpuasa meski menyusui. Cek this out ....

1. Pastikan mengkonsumsi makanan yang cukup saat buka dan sahur

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa
Sumber : Google.com
Karena hanya saat berbuka, malam hari, dan sahur saja kamu bisa makan. Pastikan kamu memanfaatkan kesempatan baik tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, gizi, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti halnya makanan yang kaya akan karbohidratnya, protein nabati, protein hewani, sayuran, dan jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan buah-buahan saat berbuka dan sahur.

Baca Juga : Inilah Bahaya Jika Sering Buka Puasa dengan Gorengan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa beberapa kandungan dalam ASI akan mengalami penurunan saat ibu berpuasa. Kandungan nutrisi tersebut, yaitu seperti zink, magnesium, dan kalium. Nah, untuk mengatasi hal semacam ini tentunya kamu perlu lebih banyak lagi untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zink yaitu speerti daging, kerang, dan gandum. Adapun makanan yang kaya magnesium, yaitu seperti alpukat, kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, dan sayuran. Serta makanan yang kaya kalium, yaitu seperti yang etrdapat dalam buah pisang, alpukat, ubi, kentang, tomat, dan ikan.

Dengan tetap memastikan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya itu benar-benar mengandung nutrisi yang kamu butuhkan. Dan memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral yang tubuh perlukan. Tentunya ibadah puasa kamu akan tetap lancar dan ASI pun tidak terganggu.

2. Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa
Sumber : Google.com
Bukan hanya kebutuhan asupan nutrisi dan gizi saja yang mesti kamu perhatikan selama berpuasa. Kamu juga mesti memperhatikan asupan cairan dalam tubuh kamu tetap terpenuhi selama seharian. Karena hal sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat tubuh kita sangat membutuhkan yang namanya cairan atau air ini, terlebih jika kamu berpuasa sambil menyusui. Kekurangan cairan pada tubuh akan menyebabkan yang namanya dehidrasi, tentunya pada ibu menyusui akan mengganggu produksi ASI.

Baca Juga : Manfaat Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Untuk itu, kamu mencukupi asupan cairan tubuh kamu dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kamu bisa meminumnya 3 gelas saat buka puasa, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat sahur. Ingat, delapan merupakan angka minimal. Karena setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda, apalagi ketika cuaca yang panas. Tentunya kamu akan semakin cepat merasakan haus dan bukan tak mungkin dehidrasi akan menghampirimu.

Nah, jika kamu mengalami tanda-tanda dehidrasi, seperti merasa kehausan, urine berwarna kuning cenderung gelap, jarang buang air kecil, merasa lemah, dan sakit kepala, sebaiknya batalkan saja puasa kamu dengan minum air putih dan beristirahat dengan cukup. Kalaupun kamu paksakan, takutnya nanti akan mempengaruhi kesehatan tubuh kamu dan juga pasukan produksi ASI kamu tidak lancar.

3. Tetap berikan bayi ASI saat ia ingin

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa
Sumber : Google.com
Jika kamu berpikir bahwa terlalu sering memberikan ASI pada bayi saat puasa akan membuat produksi ASI berkurang. Maka kamu mesti mengetahui kenyataan bahwa semakin sering memberikan ASI pada bayi, semakin banyak juga ASI yang dihasilkan oleh tubuh kamu.

Hal ini dikarenakan isapan bayi tersebut menjadi salah satu faktor agar ASI menjadi lancar saat diproduksi oleh tubuh. Jadi, kamu jangan khawatir jika produksi ASI kamu akan lebih sedikit selama menjalankan ibadah puasa. Tetap berikan ASI saat kapanpun bayi kamu menginginkannya.


4. Cukupilah istirahat kamu

4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa
Sumber : Google.com
Selain memperhatikan asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Tentunya tak lengkap jika tanpa melakukan istirahat yang cukup.

Usahakanlah untuk tidak melakukan aktivitas yang berat menguras tenaga. Ingatlah, beristirahat yang cukup selama berpuasa akan menjaga stamina tubuh kamu tetap bugar dan tidak mudah lemas selama menjalankan ibadah puasa. Tidurlah di siang hari untuk menghemat energi kamu agar tetap kuat menjalankan puasa hingga waktu berbuka tiba.

Nah, itulah tips yang dapat kamu lakukan ketika berpuasa sambil menyusui. Puasa sebenarnya bukanlah hal yang menjadi alasan kamu untuk tidak berpuasa. Namun, jika kondisi kamu memang tidak memungkinkan untuk berpuasa, sebaiknya batalkanlah. Tetapi dengan tips tadi, jika kamu terapkan setiap harinya. Insyaallah puasa kamu akan tetap berjalan lancar, begitu juga dengan ASI kamu tidak terganggu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Agar Produksi ASI Lancar Meski Sedang Berpuasa"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....