Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal - Sepertinya memang tak bisa dipungkiri jika sudah memasuki musim penghujan, demam dan flu mudah sekali menyerang tubuh kita. jika sudah terserang virus ini, kitapun ingin menyembuhkannya dengan cepat. Dan lebih memilih mengobatinya dengan obat yang beredar di toko, bahkan tanpa resep dari dokter. Padahal kalau mengkonsumsi obat sembarangan tanpa mengetahui dosis yang tepat, bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh kamu.

Baca Juga : Beberapa Cara Menurunkan Panas Pada Anak

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com

Nah, sebenarnya demam disertai flu ini bisa kamu obati dengan ramuan herbal alami, bahkan kamu sendiri bisa merajiknya dirumah. Perlu kamu ketahui bahwa demam itu sendiri terjadi karena daya datah tubuh kita melemah, sehingga virus flu dan batukpun akan mudah menghampiri tubuh kamu.

Baca Juga : 10 Cara Atasi Flu dengan Cepat

Terlebih anak-anak atau bayi, mudah seklai untuk terserang karena daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa. Makanya tak heran jika, saat demam terjadi tubuh kita juga akan mengalami flu dan batuk.  Untuk itulah, kamu mesti menjaga daya tahan tubuh kamu agar tetap seimbang dan tidak mudah terserang virus yang berkeliaran.

Baca Juga : Beberapa Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Meskipun begitu, kalau sudah terserang demam disertai flu yang mengganggu, rasanya kamu ingin segera menghilangkannya kan? Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan panas demam yang disertai dengan flu ini, bahkan dengan ramuan herbal alami. Nah, berikut ini cara menurunkan panas demam disertai flu dengan ramuan herbal, cek this out.

1. Ramuan Jahe dan  Madu

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Siapa sih yang tidak kenal dengan jahe, banyak minuman hangat yang berbahan dasar jahe ini. Misalnya saja Manfaat Wedang Jahe yang diyakini mampu membuat tubuh terasa lebih hangat. Nah, baik jahe ataupun madu sama-sama memiliki sejuta khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan panas demam bahkan flu yang menyertaipun dapat kamu atasi dengan ramuan jahe plus madu ini.

Bahkan menurut penelitianpun jahe ini mengandung minyak atsiri, glingerol, dan terpenoid zingiberol. Kandungan tersebut mampu berperan sebagai anti virus untuk mengatasi demam dan melegakan tenggorokan, juga membuat sistem pernafasanpun terasa lebih ringan. Sedangkan madu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu dan menjadikan tubuh terasa lebih nyaman.

Nah, untuk membuat ramuan jahe dan madu ini  cukuplah mudah. Rebuslah jahe beberapa ruas sampai mendidih, barulah tambahkan madu secukupnya. Konsumsilah dua kali dalam sehari, secara rutin dan teratur ya!

2. Ramuan Daun Mint

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Seperti yang kita kenal daun mint ini banyak digunakan dalam minuman, aroma yang menyegarkan dan sensasi menyejukkan ini dapat memperbaiki mood kita. selain itu, daun mint ini juga dipercaya mampu membantu menurunkan panas pada tubuh dan membuat pernafasan menjadi lebih lancar.

Untuk membuat ramuan dari daun mint ini, cukup kamu tambahkan satu sendok makan daun mint yang telah dihaluskan bersama dengan segelas air panas. Tunggulah sekitar 10 menit, hingga benar-benar larut. Setelah itu, saringlah dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan daun mint tersebut sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya. Bukan hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, kunyit yang merupakan bahan dasar jamu ini juga diyakini mampu membnatu menurunkan panas demam. Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit tersebut berperan sebagai antivirus, antijamur, antibakteri, dan juga antioksidan yang begitu kuat. Sehingga tak heran jika kunyit ini mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mampu melawan infeksi yang terjadi. Makanya jika tubuh kamu sedang demam bahakan disertai flu dan batuk, kunyit merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, untuk membuat ramuan dari kunyit ini cukuplah mudah, kamu tinggal menambahkan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan bersama dengan ¼ sendok teh bubuk lada hitam ke dalam segelas susu panas. Campurkanlah hingga merata dan minumlah dua kali sehari untuk membantu menurunkan panas demam kamu disertai flu.

3.  Ramuan Kunyit


Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Sama halnya seperti jahe, kunyit ini juga merupakan obat-obatan tradisional yang begitu dipercaya akan khasiatnya untuk kesehatan tentunya. bukan hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, kunyit yang merupakan bahan dasar jamu ini juga diyakini mampu membnatu menurunkan panas demam. Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit tersebut berperan sebagai antivirus, antijamur, antibakteri, dan juga antioksidan yang begitu kuat. Sehingga tak heran jika kunyit ini mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan mampu melawan infeksi yang terjadi. Makanya jika tubuh kamu sedang demam bahakan disertai flu dan batuk, kunyit merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya.


Nah, untuk membuat ramuan dari kunyit ini cukuplah mudah, kamu tinggal menambahkan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan bersama dengan ¼ sendok teh bubuk lada hitam ke dalam segelas susu panas. Campurkanlah hingga merata dan minumlah dua kali sehari untuk membantu menurunkan panas demam kamu disertai flu. 

4. Penuhi Vitamin C dengan Jeruk

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Jeruk merupakan buah yang dikenal begitu kaya akan vitamin C nya yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh, tak heran jika sering mengkonsumsi buah jeruk ini akan membantu tubuh kamu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menambah energi kamu. Itulah sebabnya, buah ini cocok sekali kamu konsumsi ketika sedang demam dan flu, karena dapat berperan sebagai obat pereda demam dan mencegah munculnya flu akibat virus.

Kamu bisa langsung mengkonsumsi buah jeruk ini setiap harinya. Selain itu juga kamu bisa membuat buah jeruk ini menjadi minuman smoothie yang menyegarkan.

Baca Juga : Benarkah Jeruk Mengandung Vitamin C Terbesar ?

5. Konsumsi  Makanan yang Hangat

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Biasanya ketika tubuh terasa tidak nyaman, rasa panas tapi menggigil, bahkan flu pun seringkali muncul tiba-tiba. Hal yang paling enak untuk dikonsumsi saat itu adalah makanan yang bisa membuat tenggorokan dan perut terasa hangat. Nah, sayur sop atau jenis makanan kuah hangat lainnya bisa menjadi solusinya.

Selain dapat membantu menghangatkan tubuh dan membuat tubuh terasa nyaman. Terdapatkan berbagai macam sayuran di dalam makanan tersbeut mampu menambah nilai gizi, sehingga mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

6. Konsumsi Madu

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Siapa sih yang tidak kenal dengan khasiat madu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ini ? Madu yang kaya akan antioksidan, antibakteri, antibiotik, antiradang dan juga banyak terdapat vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ini tentunya membuat madu sarat akan khasiat. Makanya, madu ini juga sangat baik untuk membantu menurunkan panas demam disertai flu yang mengganggu. Bahkan, madu ini juga dapat mengembalikan nafsu makan yang hilang akibat demam dan panas tersebut.

Tak perlu repot dalam mengkonsumsi madu ini, cukup minum madu dua kali sehari saat ingin tidur dan setelah bangun tidur. Rutinlah dalam mengkonsumsinya ya! Biar panas demam kamu cepat turun dan bisa malakukan aktivitas seperti biasanya.

7. Ramuan Daun Selada

Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal
Sumber : Pexels.com
Mungkin belum banyak yang tahu jika daun selada yang selama ini hanya menemani masakan sayur kita, bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membantu menurunkan panas demam yang tengah kamu rasakan. Daun selada ini banyak mengandung potasium, magnesium, sodium, kalsium, dan juga fosfor. Selain itu juga mengandung zinc dan zat besi yang mampu berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Untuk membuat ramuan daun selada sebagai penurun panas ini kamu dapat membuatnya dengan memasukkan daun selada yang masih segar ke dalam air hangat. Redam daun selada selama beberapa menit dan saringlah. Untuk menambah rasa kamu bisa menambahkan madu secukupnya, aduklah hingga merata. Kamu bisa mengkonsumsi dalam keadaan dingin dan minumlah secara runtin dan teratur hingga suhu badan kamu menurun dan flu kamu mereda.

Itulah tadi beberapa ramuan herbal yang bisa membantu kamu dalam menurunkan panas demam disertai flu. Selain mengkonsumsi ramuan herbal tersebut, tentunya kamu juga harus membarenginya dengan melakukan istirahat yang cukup dan tidur yang teratur agar suhu tubuh kamu cepat menurun.

Adapun tips lainnya yang mesti kamu perhatikan juga ketika demam menghampirimu, yaitu :

Perbanyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi
• Meskipun dapat mendinginkan, sebaiknya jangan menggunakan air es untuk mengkompres
• Usahakan untuk beristirahat dan cukupilah tidur
• Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran
• Sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi makanan atau minuman dingin 
• Tentunya menghindari merokok dan minuman soda

Nah, seperti itulah yang bisa kamu lakukan ketika demam sedang menghampiri kamu. selain tetap menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, juga barengi dengan mengkonsumsi ramuan herbal tersebut. agar panas demam dan flu yang kamu rasakan cepat mereda dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Stay your healty ya guys!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menurunkan Panas Demam Disertai Flu dengan Ramuan Herbal"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....